Kamis, 24 November 2016

berita

PELANTIKAN PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA

Bengkalis – Pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis periode 2015-2018 yang dilantik langsung oleh ketua PWI Riau. Pertemuan wartawan di gedung daerah ini merupakan pilihan-pilihaan terbaik dari proses seleksi yang ketat, Kamis (17/11).
Ketua PWI Riau cabang Bengkalis, Usman Malik dalam sambutannya mengatakan bahwa anggota yang dilantik periode 2015-2018 ini berjumlah 38 orang yang tersebar di Bengkalis yang awalnya berjumlah hanya 18 orang. Malik juga menyampaikan harapan dari seluruh anggota PWI.
“harapan dari kawan-kawan PWI ialah menginginkan adanya gedung pers Bengkalis. Kalau ada bangunan pemerintah yang bisa dipinjam, kami memohon bantuan untuk tempat perkumpulan kami, semoga dapat terwujud”, tuturnya yang direspon positif oleh Sekretaris Daerah, Arianto.
Selanjutnya, ketua PWI Riau, Deni Kurnia menyampaikan lebih mengarah ke sejarah pertumbuhan perkumpulan PWI, prosedur menjadi anggota dan Undang-undang yang mengaturnya.
“PWI di Bengkalis berumur sudah lama sebelum pisah dari Dumai, Siak, Meranti yang berumur kurang lebih 53 tahun. PWI ini dibentuk oleh tokoh-tokoh pers nasional. PWI sangat selektif memilih untuk menjadi anggota. Lebih kurang ada 300 orang wartawan di Bengkalis, namun hanya 38 orang yang terpilih. Syarat menjadi anggota PWI itu pendidikan minimal D3, melalui tes tertulis serta harus memiliki surat SKTK.
Deni juga mengatakan kalau wartawan ini dilindungi oleh Undang-Undang jika ada yang menghalangi wartawan dalam melakukan tugasnya dalam UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik). Pendirian PWI juga diatur dalam UU No. 40 tahun 1999 tentang pers dan wartawan. Ditutup dengan menyampaikan bahwa wartawan yang baik itu dengan kategori 3G, yaitu good link, good comunication, good relationship.
Bupati Bengkalis yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah, Arianto dalam pidatonya menyampaikan pers memegang peranan penting bagi negara yang demokratis. Para wartawan harus mengikuti kompetensi yang nantinya dewan pers akan bekerja sama dengan lembaga pemerintah Bengkalis pada bulan Februari 2017 mendatang.

Turut hadir ketua MUI, POLRI, ketua KNPI sekaligus anggota DPRD Kab.Bengkalis, pimpinan Bank, ketua KADIN, tokoh politik, ormas, LSM, serta tokoh masyarakat yang ikut berpartisipasi mensukseskan acara pelantikan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar