Selasa, 27 Desember 2016

artikel logika


KESALAHAN DAN SEBAB-SEBABNYA DALAM BERPIKIR

Kesalahan adalah suatu fakta. Memang suatu fakta yang harus disayangkan, tetapi tidak boleh disangkal. Persoalannya adalah bagaimana cara menghindarinya. Kesalahan adalah mengatakan hal yang tidak sesuai. Karena dasar kebenaran ialah realitas, maka kesalahan merupakan pelanggaran realitas.
Kesalahan lebih sanggup membangkitkan orang untuk bermenung, berpikir lebih mendalam, daripada ketidaktahuan. Doktrin-doktrin yang salah menggerakkan pikiran untuk lebih dekat menguji macam-macam kebenaran yang telah diterima. Namun bukan kesalahan yang menyebabkan kemajuan pengetahuan, melainkan hubungannya dengan kebenaran yang disembunyikan, namun kurang lebih telah ditunjuknya itulah yang banyak menolong memajukan pengetahuan. Adapun yang menjadi sebab-sebab kesalahan adalah :
1. Ketidaksempurnaan akal budi kita
Kemungkinan kesalahan pada dasarnya terletak pada keterbatasan akal budi manusia. seperti kita lihat, sebab kesalahan bukan pada objek, melainkan pada subjek yang membuat keputusan.
2. Hawa nafsu manusia
Kita cepat percaya pada hal-hal yang cocok dengan pendapat atau prasangka-prasangka kita, dan dengan berani menampik segalanya yang melawan pendapat atau prasangka kita.
3. Nafsu ingin asli
Orang sering tidak mau melihat atau mendengarkan apa yang sudah dikerjakan dimasa lalu karena terburu nafsu ingin asli. Seseorang yang melakukan hal ini disebabkan kecongkakan, tidak mau tahu, apalagi memanfaatkan perjuangan akal budi dimasa lalu.
4. Kurang perhatian
Orang sering tidak atau kurang mencurahkan perhatian pada bahan yang ada, pada realitas yang ada.
5. Prasangka
Sesuatu tidak menjadi benar karena orang lebih banyak mengatakannya begitu. Prasangka adalah keputusan yang diterima tanpa pengujian yang semestinya. Prasangka berbeda dari pendapat yang jujur. Prasangka selalu kurang lebih irasional, justru karena diterima atau dipegang tanpa terlebih dahulu memeriksanya secara kritis.
6. Kehidupan moral yang tidak baik
Kebenaran itu erat sekali hubungannya dengan bentuk kehidupan yang baik. Orang yang moralnya tidak baik juga dapat menjadi buta terhadap kebenaran.
Itulah kesalahan dan sebab-sebab yang terjadi dalam berpikir. Setiap kesalahan sebagian terbesar disebabkan karena hawa nafsu yang tidak teratur, maka marilah kita membina cinta yang murni terhadap suatu kebenaran.


1 komentar:

  1. Sports Betting - Mapyro
    Bet the moneyline from 슬롯 나라 1:25 PM to 11:00 w88 PM. See more. 출장마사지 MapYO Sportsbook features 바카라 live odds, live streaming, 토토사이트 and detailed information.

    BalasHapus